ANIMASI KOMPUTER
A. Pengertian
Animasi
computer merupakan salah satu bentuk modern untuk pembuatan dan pengembangan
animasi dengan teknik stop motion dalam animasi tradisional. Animasi computer atau
animasi CGI(Computer Generated Imagery) merupakan suatu proses yang digunakan
untuk menghasilkan sebuah gambar atau animasi itu sendiri dengan menggunakan
computer grafis. Dengan menggunakan Animasi CGI pembuatan suatu animasi dengan
adegan yang statis dan dinamis, sedangkan animasi computerhanya mengacu pada
sebuah gambar yang bergerak.
B.
Sejarah
dan Perkembangan
Animasi komputer awal digital
dikembangkan di Bell Telephone Laboratories pada tahun 1960 oleh Edward E.
Zajac, Frank W. Sinden, Kenneth C. Knowlton, dan A. Michael Noll. Animasi
digital lainnya juga dipraktekkan di Lawrence Livermore National Laboratory. Komputer
animasi awalnya, digunakan untuk tujuan penelitian ilmiah, teknik dan lainnya,
tetapi eksperimentasi artistik mulai terjadi pada pertengahan 1960-an. Pada
pertengahan 1970-an, cara ini mulai masuk ke media publik. Banyak komputer
grafis saat ini melibatkan penggambaran 2-dimensi, meskipun semakin banyak,
seiring daya komputer meningkat, upaya untuk mencapai 3-dimensi realisme
menjadi penekanan untuk perkembangan animasi komputer. Pada akhir 1980-an,
foto-realistis 3-D mulai muncul di film bioskop, dan pada pertengahan 1990-an
telah dikembangkan ke titik di mana 3-D animasi dapat digunakan untuk produksi
film keseluruhan.
Saat ini Animasi komputer modern
biasanya menggunakan komputer grafis 3D, walaupun grafik komputer 2D masih
digunakan, hal ini dikarenakan dengan menggunakan komputer 2D bisa membuat
gaya, bandwidth lebih rendah, dan lebih cepat real-time rendering. Dengan
menggunakan animasi komputer itulah seniman mulai menggunakan mesin permainan
untuk membuat film non-interaktif.
Fitur-panjang komputer pertama film animasi adalahn film Toy Story oleh Pixar tahun 1995 . Animasi ini mengikuti petualangan mainan dan pemiliknya. Film terobosan ini adalah yang pertama dari banyak film penuh animasi komputer. Selain itu dengan Animasi komputer diciptakanlah film blockbuster seperti Toy Story 3 (2010), Avatar (2009), Shrek 2 (2004), Cars 2 (2011), dan Kehidupan Pi (2012).
Fitur-panjang komputer pertama film animasi adalahn film Toy Story oleh Pixar tahun 1995 . Animasi ini mengikuti petualangan mainan dan pemiliknya. Film terobosan ini adalah yang pertama dari banyak film penuh animasi komputer. Selain itu dengan Animasi komputer diciptakanlah film blockbuster seperti Toy Story 3 (2010), Avatar (2009), Shrek 2 (2004), Cars 2 (2011), dan Kehidupan Pi (2012).
C.
Cara
Kerja Animasi Komputer
·
2D
Untuk menciptakan ilusi gerakan,
gambar ditampilkan pada layar komputer dan berulang kali diganti
dengan gambar baru yang mirip dengan itu, tapi maju sedikit dalam waktu
(biasanya pada tingkat 24 atau 30 frame / detik). Teknik ini identik
dengan bagaimana ilusi gerakan dicapai dengan televisi dan film.
Proses pembuatan animasi 2Dimensi
digital terdiri dari:
- Pra-produksi:
- Konsep
- Skenario
- Pembentukan
karakter
- Storyboard
- Dubbing awal
- Musik
dan sound FX
- Produksi:
- Lay out
- Key motion
- In Between
- Background
- Scanning
- Coloring
- Post-produksi:
- Composite
- Editing
- Rendering
- Pemindahan
film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya
·
3D
Untuk animasi 3D, objek (model) yang
dibangun di atas monitor komputer (dimodelkan) dan tokoh 3D yang dicurangi
dengan kerangka virtual. Untuk animasi 2D angka, benda-benda yang terpisah
(ilustrasi) dan lapisan transparan yang terpisah digunakan, dengan atau tanpa
kerangka virtual. Kemudian anggota badan, mata, mulut, pakaian, dll gambar
digerakkan oleh animator pada frame kunci. Perbedaan penampilan antara
frame kunci secara otomatis dihitung oleh komputer dalam proses yang dikenal
sebagai tweening atau morphing. Akhirnya, animasi diberikan.
D.
Tipe dan Jenis Animasi Komputer
Tipe Animasi Komputer
Animasi 2D (2 Dimensi)
Animasi 2D biasa juga disebut dengan
film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang
lucu. Dan film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Kartun zaman sekarang
menggunakan teknologi animasi komputer.
b. Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan teknologi dan komputer
membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi
3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang
diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya.
Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka berlomba¬lombalah studio
film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ,
Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga Finding Nemo, The
Incredible, Shark Tale. Cars, Valian. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan
animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).
Jenis animasi computer
a. Kompuater
Assisted Animation
Animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system
animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang
menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan
virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.
b. Komputer
Generated Animation
Animasi pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3
dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dll.
E. Penggunaan Animasi Komputer
Animasi komputer mengacu pada
penggunaan grafis dalam berbagai bidang. Digunakan diberbagai sektor yaitu
teknologi informasi, penerbangan, medis, dan lain – lain. Ada banyak yang
menggunakan animasi komputer di dunia modern saat ini. Hal ini digunakan untuk
e-commerce dalam iklan produk dan jasa organisasi. Untuk memikat pelanggan
dalam sektor penerbangan dapat menggunakan animasi untuk mengintegrasikan
halaman web. Grafis yang digunakan untuk produksi jurnalisme atau audio film sambil
mempersiapkan klip video atau film. Iklan atau hubungan masyarakat lembaga
sering membutuhkan gambar animasi yang bertujuan untuk menghias, presentasi
proyek atau artikel. Seseorang dalam public relation memerlukan gambar – gambar
aniamasi untuk menyajikan grafik, diagram atau kolom laporan. Hal ini juga
banyak digunakan dalam film dan industri hiburan. Dalam industri film, film
animasi dibuat dari karakter animasi yang diciptakan bukan dari aktor film.
Animasi telah memasuki berbagai jenis bidang profesional.
Contoh film yang menggunakan animasi komputer.
F. Pengembangan Animasi Komputer
Perkembangan animasi seiring dengan
perkembangan dunia pertelevisian. Pada awalnya diciptakanlah animasi berbasis
dua dimensi (2D Animation). Yakni objek yang dianimasi mempunyai ukuran panjang
(x-axis) dan lebar (y-axis) saja. Realisasi nyata dari perkembangan animasi dua
dimensi yang cukup revolusioner berupa dibuatnya film-film kartun. Seven Dwarfs
(1937) dan Fantasia (1940) dari Walt Disney adalah karya-karya film kartun yang
melegenda sampai sekarang. Bahkan beberapa tokoh-tokoh kartun buatan Walt
Disney yang lain masih dapat bertahan dan populer sampai saat ini mekipun
pembuatan film-film tersebut dikerjakan hampir 500 tahun yang lalu.
Kalau dibandingkan, sedikit sekali
tokoh-tokoh film layar lebar yang mampu bertahan sekian lamanya. Pembuatan
animasi film kartun itu sendiri pada awalnya dikerjakan dengan membuat sketsa
gambar yang digerakkan satu demi satu. Untuk membuat satu durasi animasi
membutuhkan jumlah gambar yang cukup banyak. Sejak ditemukannya teknik animasi
sel, maka pembuatannya menjadi lebih mudah. Kertas gambar yang biasa
dipergunakan diganti dengan kertas transparan yang terbuat dari bahan celluloid
sheet. Teknik animasi sel inilah yang kemudian diadopsi dalam animasi komputer.
Kertas gambar dalam pembuatan
animasi sebelumnya kemudian diprogram menjadi frame di komputer. Sehingga yang
semula berupa kumpulan gambar-gambar maka di komputer hal tersebut sudah
merupakan kumpulan dari frame-frame yang tersusun dalam sebuah alur waktu.
Adanya perubahan pergerakan suatu objek yang dianimasi oleh komputer dapat
dibuat menjadi sebuah keyframe. Sehingga menjadi jauh lebih efektif dan efisien
dibandingkan dengan animasi yang dilakukan manual.
Di tahun-tahun mendatang, dunia
animasi diprediksikan akan lebih gemerlap lagi. Sebagai contoh dengan
dirilisnya software eye matic face station. Dengan dukungan software animasi
berbasis 3D ini maka sutradara tidak perlu lagi mendatangkan seorang aktris
atau aktor yang bayarannya mahal dalam pembuatan film. Cukup dengan mempunyai
foto tampak samping dan tampak depan maka wajah artis tadi dapat dimodel mirip
dengan aslinya, dalam bentuk tiga dimensi tentunya.
Dengan program combustion yang
merupakan plug in software 3D Studio Max maka pembuatan efek transisi yang
dipergunakan dalam pergantian antarsekuel film di satu sisi menjadi lebih mudah
dan lebih menarik. Sehingga makin luas pula lahan pekerjaan yang ditawarkan dan
menjadi tantangan bagi komunitas animator Indonesia.
G. Pemahaman Konsep Timeline
Timeline,
Timeline/garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau
mengontrol jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer
digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat
diolah dengan objek lain. Satuan yang digunakan dalam timeline adalah frame per
second atau fps.
Komponen yang ada dalam timeline, yaitu :
playhead, keyframe, header, ikon guide layer, tampilan menu timeline, animasi
frame-by-frame, animasi tween.
H. Pemahaman Konsep Keyframe
Keyframe : keyframe adalah frame
kunci yang dapat berdiri sendiri. diumpamakan seperti kertas hvs yang berisi
gambar. apabila kita tambahkan sebanyak 5 keyframe, apabila salah satu keyframe
kita rubah gambarnya, itu tidak akan mempengaruhi gambar-gambar dikeyframe
lain. karena keyframe dapat berdiri sendiri.
Blank
keyframe : blank keyframe adalah keyframe
yang tidak memiliki gambar/objek didalamnya. diumpamakan seperti kertas hvs
yang kosong melompong, polos, suci, tanpa kotoran bahkan tidak ada 1 titikpun
disana.
Perbedaan Keyframe dan Blank Keyframe
Insert
Keyframe : Membuat suatu keyframe, dengan
menyamakan seluruh object pada frame sebelumnya. tentunya dengan layer yang
sama.
Keyframe : Membuat suatu keyframe, namun keyframe tersebut berisikan
kosong. dimana tidak menyertai object pada frame sebelumnya.
I. Pemahaman Konsep Tweening
Tween animation sangat mengurangi
waktu karena Anda tidak perlu membuat animasi secara frame per frame.
Sebaliknya Anda hanya membuat frame awal dan frame akhir saja. Dua alasan utama
mengapa tween animation sangat baik yaitu karena mengurangi pekerjaan mengambar
dan meminimalkan ukuran file karena isi dari setiap frame tidak perlu disimpan.
Jenis
tween animation
Shape
Tweening
Shape tweening berguna untuk
mengubah bentuk. Flash hanya dapat mengubah bentuk, jadi jangan mencoba untuk
melakukan Shape tween untuk group, symbol, atau teks. Hal ini tidak akan
berhasil. Anda dapat melakukan Shape Tween pada beberapa bentuk di dalam sebuah
layer, tetapi lebih baik untuk menempatkannya pada layer yang berbeda. Hal ini
akan memudahkan jika kita ingin melakukan perubahan. Shape tweening juga
memperbolehkan Anda untuk mengubah warna.
Shape hints
Shape hints memberikan kontrol untuk
shape tween yang kompleks. Anda bisa mengatur setiap titik awal dari animasi
perubahan bentuk lalu titik akhir dari animasi perubahan bentuk tersebut.
Dengan memberi beberapa shape hints maka kita bisa mengontrol animasi perubahan
bentuk sesuai dengan yang kita inginkan karena dalam animasi perubahan bentuk
yang kompleks seringkali apa yang kita inginkan tidak bisa dilakukan oleh
program Flash secara otomatis kecuali melalui shape hints.
Animasi animasi tweening
Tweening berasal dari kata ‘in between’ atau jika diterjemahkan
dalam bahasa saya sehari-hari ‘in-between‘
= ‘dalam diantara’ atau ‘diantara’. Coba anda lihat gambar di bawah ini.
Gambar diatas adalah proses membuat
animasi tweening. Diantara key frame 1 dan key frame 10 klik kanan > Crate
Motion Tween > kemudian antara key frame 1 sampai key frame 30 sehingga
secara otomatis akan terbentuk frame-frame baru.
diatas maka akan diperoleh definisi /
pengertian animasi tweening. Tweening
adalah proses menganimasikan objek dengan cara memberikan perubahan bentuk /
posisi objek yang terletak di frame awal atau di akhir frame sehingga akan
terbentuk frame-frame baru diantara frame awal dan frame akhir.
J. Pemahaman Konsep Masking
Mask merupakan fasilitas di flash
yang mampu membuat objek gambar ditampilkan sesuai dengan objek shape yang kita
kehendaki. Di samping motion tween, mask merupakan tehnik yang harus dikuasai.
Karena di dalam pengembangannya nanti kita akan dapat membuat animasi yang
menarik dari variasi mask. Masking adalah animasi yang menyembunyikan atau
menutupi suatu objek dengan objek lain, sehinga objek yang menutupi terlihat
transparan dan menyatu dengan objek yang ditutupi.
Mask artinya adalah penutup
mempunyai fungsi sesuai dengan namanya yaitu untuk menutupi suatu layer. Mask
dapat diterapkan kepada suatu layer dan layer yang sudah dikenai mask bisa
berfungsi untuk menutupi layer dibawahnya. Prinsip kerja dari Animasi
Mask adalah menampilkan bidang yang tertutup dan menyenbunyikan bidang yang
terbuka.
Layer adalah tempat untuk meletakkan
gambar/image yang telah kita buat untuk kemudian diolah susunan waktu
(timing)nya. Seadangkan masking layer adalah tempat ntuk meletakkan gambar yang
akan di olah menggunakan masking, disini layer masking terdapat di dalam layer
lembar kerja yang biasa kita gunakan untuk membuat animasi. Membuat layer
masking dengan cara, double klik objek yang akan kita beri mask.
Cara kerja masking
Masking adalah fasilitas pada Adobe Flash yang berfungsi untuk
menutupi atau melindungi bagian yang tidak ingin diperlihatkan. Dengan
manggunakan layer Mask, maka layer di bawahnya hanya ditampilkan pada
area yang terkena Mask, sehingga bagian lain yang tidak terkena tidak
akan ditampilkan pada saat file flash dijalankan.
K. Pemahaman Konsep Movie Clip Depth Level
MovieClip merupakan suatu wadah
untuk menaruh suatu objek. Anggap saja Mangkok, suatu mangkok bisa diisi
mie, nasi dan lainnya, selain itu di dalam mangkok juga bisa diletakkan
mangkok yang kecil, tentu saja ukurannya pasti lebih kecil daripada
mangkok luarnya.Sama halnya movieclip, di dalam movieclip juga bisa ditaruh 1
bahkan seribu gambar ataupun video. Satu movieclip juga bisa berisi sebuah
movieclip lain. Pastinya jika movieclip di bagian dalam membesar, otomatis
movieclip bagian luar juga membesar.
Keterkaitan movie clipe dengan time line
Movie Clip sebenarnya adalah sebuah
animasi yang berjalan sendiri pada sebuah scene sehingga dia memiliki timeline
tersendiri dan pergerakannya pun menyendiri.
Contoh : sebuah film animasi orang berjalan.. jika kita buat
seakan akan asli matanya pasti akan berkedip terus nah karena melelah kan bikin
mata berkedip setiap 1 frame maka dibuat lah sebuah movie clip sehingga kedipan
mata akan terus terjadi dangan animasi yang berula
Hubungan layer dan frame dengan movie
clip depth level
Hubungan layer dengan frame adalah
layer sebagai wadah tempat frame dan hubunganya dengan movie clip adalah gambar yang begerak dengan cara kerja adalah kumpulan dari
beberapa frame tersendiri yang disatukan sehingga terus bergerak pada 1 frame.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar